Memanage Pembelajaran Untuk Anak Di Masa Pandemi

ByRetom

Memanage Pembelajaran Untuk Anak Di Masa Pandemi

Setiap hari, guru di sekolah biasanya memiliki jadwal piket yang telah disusun untuk siswa di kelas. Orang tua bisa mengadopsi ide ini dengan menjadikan piket di sekolah anak, menjadi bersih-bersih rumah bersama-sama. Tidak hanya menghapus papan tulis seperti biasanya, kita bisa membuat anak bersih-bersih debu di rumah atau menyapu ruang belajar dan kamar tidurnya.

Bagi guru, akan mendapatkan nilai untuk keterampilan, Bahasa Indonesia, serta nilai karakter. Sebagai orangtua, Anda harus berupaya membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Cobalah untuk mengajar dengan berbagai metode dan usahakan gunakan metode yang berbeda setiap harinya. Berharap anak untuk mau dan cepat belajar membaca tapi kita sebagai orang tua tidak pernah mengembangkan minatnya?

Sedangkan yang dilakukan secara bersama seperti pembiasaan makan bersama anggota keluarga di ruang makan, membersihkan rumah dan lingkungannya, hingga salat berjamaah, dan ibadah lainnya. Saat belajar mengenal huruf pada anak, wajar saja bila anak Anda melakukan kesalahan. Sikap terbaik bagi orangtua adalah tidak menghukumnya, tetapi terus memotivasi anak Anda untuk memperbaiki kesalahannya. Jika mereka mampu mempelajarinya dengan baik, apresiasi usahanya dengan pujian atau hadiah.

Jangan lupa membawa menu khas piknik seperti sandwich, buah-buahan, dan snack. Ajak anak melakukan aktivitas yang seru di dalam tenda, seperti bercerita, bermain tebak-tebakan, atau bermain bola jika tempatnya cukup luas. Jangan patahkan mimpi anak Anda untuk sukses meraih prestasi hanya karena masalah keuangan.

Anak-anak PAUD yang belajar di rumah semakin sulit diatur seiring dengan kebosanan yang melanda karena tidak diperbolehkan keluar bertemu teman-temannya. Siswa dan guru melakukan kegiatan belajar-mengajar dari jarak jauh. Mereka menggunakan aplikasi belajar atau memberikan materi dan belajar secara virtual. Kalau udah bener-bener enggak bisa mengikuti pelajaran, tak perlu bikin gaduh dan mengganggu temanmu. Ambil kertas dan bikin corat-coretmu sendiri, seperti menuliskan rencana-rencanamu, menggambar komik, atau yang lain.

Cara mengajar anak untuk tidak bosan

Bunda juga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas Si Kecil dengan bertanya pendapat Si Kecil tentang karakter atau jalan cerita dalam buku yang telah dibacakan. Jadi, sering-seringlah membacakan buku untuk Si Kecil ya, Bunda. Ada saatnya anak-anak akan merasa khawatir dan cemas terhadap berbagai hal, misalnya tentang sekolah dan tugas-tugas maupun tentang isu-isu kesehatan.

Untuk mempelajari Bahasa Inggris dibutuhkan suasana yang menyenangkan. Mereka tidak akan bosan mendengarkan kisah-kisah menarik yang juga disampaikan dengan penyampaian yang menarik pula. Tentunya guru harus bisa menyampaikaan semua itu dengan bahasa anak didiknya. Namun tetap saja, Anda diharuskan memiliki banyak manuver dan trik agar mereka tidak hanya bermain saja tetapi mampu mengambil pelajaran. Sempatkan waktu untuk me time, misalnya 30 menit pasangan dengan anak Anda, Anda lakukan pastime sekedar dengar lagu, dan sebaliknya dengan pasangan.

Mau bermain di luar terlalu berisiko tertular covid-19, sehingga ruang geraknya menjadi terbatas. Ditambah lagi dengan ditutupnya sekolah, membuat kesempatan bertemu dengan teman sebaya juga jadi berkurang. Anak yang baru masuk SD perlu orang tua untuk membantunya belajar. Sebab jika dibiarkan belajar sendiri kebanyakan anak akan merasa bosan. Maka dari itu anda perlu memberinya selingan saat anak belajar. Ini agar anak bisa mengetahui minat atau keinginannya dalam proses belajar.

About the author

Retom administrator