Tempuh 8 Langkah Ini Untuk Sukses Bisnis Saat Pandemi

ByRetom

Tempuh 8 Langkah Ini Untuk Sukses Bisnis Saat Pandemi

Liputan6.com, Jakarta – Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang terpaksa harus kehilangan pekerjaan. Karena itu, banyak dari mereka juga orang memutuskan untuk memulai bisnis. Melansir uschamber.com, dengan beralihnya pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh, pasar untuk bimbingan belajar on-line cenderung tumbuh. Karena bekerja dari rumah, sebagian orang akhirnya memiliki waktu yang cukup luang, karena bisa bebas mengatur jadwal kegiatan, selama tidak berbenturan dengan pekerjaan utama. Pastikan untuk mengajukan Visa sesuai dengan maksud kegiatan Orang Asing di Indonesia.

Sampaikanlah tujuan tersebut kepada konsumen agar konsumen tahu bahwa bisnis peduli pada keamanan dan kesehatan konsumen. Pemasaran produk/jasa UMKM melalui media sosial menjadi sebuah pattern dan keharusan di tengah masa sulit. Beberapa pelaku UMKM yang masih enggan menggunakan sarana digital mengaku belum mampu menggunakan internet dengan baik. Selain itu, ada keterbatasan mereka dari sisi infrastruktur yang masih belum/tidak layak terkait akses layanan web. Adaptasi ini sebagai salah satu strategi untuk bertahan dalam masa ketidakpastian. Keberlangsungan sebuah Bisnis level UMKM harus tetap bertahan jika tidak ingin hilang dari pasar.

Cara berbisnis dalam masa pandemik

Jadi, kamu bisa mencoba untuk menjual produk-produk tersebut di masa pandemi ini. Makanan beku juga memiliki daya simpan yang cukup lama, yang artinya orang bisa menyimpan makanan-makanan beku di kulkas mereka untuk diolah ketika mereka menginginkannya. Untuk meminimalisir kemungkinan tertular virus Covid-19, orang-orang cenderung lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan mereka konsumsi. Pastikan masker buatan kamu telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah. Bahkan, hal ini sempat menyebabkan masker medis menjadi barang yang sangat mahal dan juga langka.

Sayangnya, banyak juga yang harus menutup usahanya karena kurang diminati oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membuka usaha pastikan kalau jenis bisnis yang kamu pilih memang dibutuhkan oleh masyarakat. Tentukan strategi pemasaran mana yang cocok dan dapat Anda lakukan di masa sekarang agar produk UKM tetap laku di pasaran.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memproses pengadaan produk dari supplier lain dengan harga yang lebih kompetitif. Tren produk pendidikan dan permainan ini ternyata juga berimbas ke orang dewasa. Meskipun ikut tertekan, penjual buku, permainan meja , alat musik, perkakas jahit, game elektronik, dan perkakas hobi lainnya masih mendapat pembeli. Hal ini terkait semakin banyaknya orang yang berada di rumah dan mencari cara untuk mengisi waktu. Pembatasan sosial membuat banyak anak-anak sekolah harus belajar di rumah. Sementara anak-anak usia pra-sekolah dan balita membutuhkan kegiatan agar otak dan motorik mereka tetap aktif meski harus banyak di rumah.

About the author

Retom administrator